Total Tayangan Laman

CPU-z


CPU-Z merupakan software untuk mengetahui beberapa informasi penting mengenai komponen komponen utama dari PC/komputer atau laptop kita, sepeti Prosessor(CPU), Cache, mainboard, memori (RAM),dan SPD. Yang hobi otak-atik PC, seneng ber eksperiment dan hobby overclocking, pasti sudah tidak asing dengan CPUZ ini. Software dengan ukuran kecil ini lumayan canggih dan akurat saat mengenali prosessor yang kita pakai, seperti nama dan nomor, ukuran, kecepatan, multiplier, clocks, dsb. Pada tab mainboard, kita dapat melihat informasi mengenai VGA, BIOS, Chipset dsb. sedangkan pada tab memory, ditampilkan informasi modul, frekuensi, nomor seri, dan menurut saya ini sangat berguna sekali seumpama kalau kita mau upgrade atau ganti memory.

PENJELASAN :



1.PROCESSOR

  • Name : yaitu tipe processor yang terbaca di cpu-z, contohnya INTEL CORE i7 860



  • Code name : yaitu kode nama atau nama dari processor tersebut, contohnya ARRANDALE





SEKILAS TENTANG ARRANDALE



Intel akhirnya memenuhi janjinya untuk menghadirkan prosesor yang benar-benar baru yang ditujukan untuk perangkat mobile. Prosesor ini tidak lagi menggunakan fabrikasi prosesor Core 2 Duo, tetapi sudah menggunakan fabrikasi 32nm. Kini hanya dalam sebuah prosesor, Anda akan mendapatkan sebuah core CPU dan sebuah core GPU.

Arsitektur yang digunakan sama dengan arsitektur Clarkdale. Hanya saja pada prosesor Arrandale akan didapatkan sebuah prosesor dengan kode Wesmere dengan fabrikasi 32nm dan sebuah Intel graphics dengan fabrikasi 42nm. Hal ini akan membuat dimensi sebuah motherboard notebook menjadi lebih ramping dikarenakan GPU sudah ter-integrasi ke dalam prosesor.

Generasi pertama Arrandale mempunyai TDP sebesar 35 watt termasuk untuk menyalakan GPU. TDP yang dicantumkan tidaklah mutlak karena bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan prosesor. Hal ini juga yang membuat prosesor Arrandale diklaim semakin irit daya.Tidak hanya itu, untuk kelas prosesor low voltage nantinya akan mempunyai TDP 18 watt sehingga daya yang digunakan semakin kecil. Untuk saat ini, prosesor yang tersedia baru Intel i3 dan i5. Nantinya, Intel akan meluncurkan untuk kelas i7. Apa yang membedakannya dengan prosesor desktop? Pada notebook CPU dan GPU akan berbagi konsumsi daya atau Intel menyebutnya dengan “Graphics Turbo”.

Cara kerjanya sangat simpel, bila sebuah aplikasi lebih mempergunakan CPU, maka daya yang dipakai akan diberikan kepada CPU untuk berkerja penuh dan GPU akan berkerja seminim mungkin. Ini juga berlaku sebaliknya, CPU dan GPU dapat berkerja maksimal bersamaan tergantung keperluan. Selain itu, pada prosesor i5 terdapat Intel Turbo Boost di mana prosesor dapat berkerja lebih dari clock sebenarnya bila diperlukan.

Bisa dibilang, prosesor akan melakukan overclock secara otomatis. Hal ini hanya berlaku pada Intel i5 dan i7. Dasar dari prosesor Arrandale adalah untuk membuat sebuah perangkat mobile yang semakin simpel namun mempunyai tenaga untuk berbagai pekerjaan. Dengan adanya prosesor tenaga baru ini diharapkan akan merubah secara keseluruhan desain dari laptop beredar, dimana nantinya laptop / notebook akan dirancang dengan kemampuan yang mumpuni, irit daya dan tentu saja dengan harga yang reltif murah. Selamat datang di ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI.

  • Package : yaitu untuk menampilkan jenis socket pada processor yang terbaca pada cpu-z, contohnya SOCKET 1156 LGA



  • Technology : yaitu teknologi proses transistor pada processor yang terbaca oleh cpu-z



  • Specification : yaitu spesifilasi pada processor



  • Instructions : yaitu instruksi-instruksi yang ada pada processor,

mis : -MMX yang fungsinya mengintegrasi VGA

-SSE, algoritma pada processor

-EM64T,instruksi pada motherboard



2. CLOCKS

  • Core Speed : yaitu ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar dan operasi. Ini diukur sebagai dalam frekuensi `hertz, dan paling sering mengacu pada kecepatan CPU komputer.



  • Multiplier : yaitu ngka multiplier bekerjasama dengan bus speed menentukan berapa cepat sebuah CPU dijalankan. Multiplier 4.5 dipasangkan dengan prosesor pada bus speed 100 MHz akan menghasilkan kecepatan CPU 450 MHz (4.5 x 100). Hampir seluruh prosesor baru keluaran Intel sudah dikunci pada multipliernya sehingga hanya bisa dijalankan pada multiplier tertentu. Bus speed merupakan ukuran yang independen dan dapat diubah-ubah sehingga 4.5x100 dan 4.5x103 akan menghasilkan sebuah CPU yang berjalan pada kecepatan yang berbeda (dengan catatan CPU tersebut sanggup dijalankan pada kecepatan tersebut).



  • Bus Speed : yaitu jumlah alur yang mampu dilaksanakan oleh sebuah pemproses dalam masa second. Satuan waktu ini diukur dalam unit juta arahan second yang disebut juga sebagai megahertz (MHz) atau juta kitaran second dan kebanyakan komputer memiliki bus berkecepatan diantara 100 hingga 133MHz. Sebuah bus berupaya meningkatkan prestasi komputer tetapi ia biasanya terikat dengan kelajuan pemproses. Contohnya processor Celeron menggunakan bus 66MHz, Pentium !!! 100/133MHz.



  • QPI LINK : QuickPath Interconnect





3. CACHE : Suatu tempat untuk menyimpan sesuatu secara sementara, mekanisme untuk mempercepat transfer data dengan cara menyimpan data yang telah di akses di suatu buffer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar